INILAH 7 ALASAN KENAPA HARGA ACTION FIGURE MAHAL !

Kali ini extalia hobbies akan membahas tentang pertanyaan yang sering diajukan dari kolektor action figure pemula. Kenapa sih harga action figure itu mahal? Bahkan beberapa merk tertentu menjual action figurenya diatas ratusan juta Rupiah bahkan milyar lho. Nah, sebenernya apa sih yang membuat action figure memiliki harga yang relatif mahal? Bahkan harganya pun bisa setara dengan harga jual rumah minimalis lho. Sebagai contoh singkat, apabila kita akan mendirikan suatu usaha misalnya pembangunan rumah, maka kita membutuhkan tim di dalamnya, seperti arsitek, kontraktor, design grafis,dan lainya. Sama hal nya dalam pembuatan figure, dalam menghasilkan 1 buah action figure membutuhkan beberapa tim dalamnya. Yuk kita simak ulasan dibawah ini kenapa sih harga action figure bisa mahal ?



1. Sculptor's Fee
Seperti yang bisa kalian lihat, tokoh action figure yang kalian punya memiliki kredit nama yang tertulis pada box figurenya. Biasanya ditulis dalam bahasa Jepang atau sudah dalam bentuk terjemahan. Pembuat patung ini akan mendapatkan fee apabila mereka bekerja dengan baik. Dalam hal memahat bukan pekerjaan yang mudah, walapun mereka memiliki pengalaman sudah bertahun tahun.

figures-ex-01

2. Source Materials ( Modeling clay, dan lainya )
Perusahaan action figure akan menghabiskan biaya yang cukup besar dalam tahap ini. Semakin bagus kualitas bahan tersebut,maka semakin mahal pula biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan. Merk bahan baku pembuatan figure juga dapat mempengaruhi harga dari biaya bahan tersebut. Tetapi perusahaan biasanya akan tetap memilih menggunakan yang baik, walaupun dengan harga yang mahal. Karena kepuasan pelanggan menjadi yang utama bagi mereka. 

3. Painting Fee
Memberi warna pada action figure, berbeda dengan tahap memahat. Melukis atau memberi warna pada figure merupakan bagian tersulit dalam tahap pembuatan figure. Dikarenakan pelukis akan memberi warna pada figure bahkan sampai ke detail yang paling kecil sekalipun. Karena merupakan tahap tersulit, maka perusahaan akan membayar besar bagi pelukis. Bahan dalam melukispun juga sangat diperhitungkan dalam hal ini.

figures-ex-04

4. Quality Control and Check Fee
Agar action figure sampai di tangan pembeli dengan baik, maka ada tahap Quality control sebelumnya. Sehingga barang yang dikirim sudah melalui tahap pemeriksaan terlebih dahulu. Hal yang diperiksa termasuk pemeriksaan cat, apakah ada bagian yang terkelupas atau lainya. Jika perusahaan mengetehaui ada bagian yang rusak, maka mereka akan menarik kembali action figure tersebut. 

5. Packaging Fee
Perusahaan juga akan mengeluarkan biaya untuk pengemasan action figure. Hal ini termasuk plastik pengaman, buku panduan, dan design kotak. 

figures-ex-05

6. Licensing and Distribution Fee
Sebelum perusahaan membuat suatu action figure, mereka juga akan membayar dengan apa yang kita kenal dengan lisensi dan distributor. Tahap ini perusahaan akan membayar biaya yang paling besar. Yang dimaksud lisensi dalam hal ini mencakup royalti hak cipta, hak izin dari perusahaan produksi anime, dan masih banyak lagi. Perizinan juga membatasi jumlah yang akan didistribusikan hanya untuk wilayah tertentu. Seperti Jepang, atau terkadang di Negara Asia Tenggara seperti Singapura. Sedangkan biaya distribusi seperti ijin distribusi di Luar Jepang. Biasanya pada box figure akan di tempel stiker khusus seperti hologram, yang menandai lisensi.

Perizinan merupakan hal tersulit bagi perusahaan yang membuat action figure. Karena mereka tidak dengan mudah mendapatkan ijin untuk membuat suatu action figure termasuk mendapatkan lisensinya. Jika suatu perusahaan tidak mengantongi ijin, maka mereka akan mendapatkan gugatan  pelanggaran hak cipta dari pemilik lisensi.

figures-ex-02

7. Optional Fees
Action Figure seri tertentu biasanya dijual khusus dengan tambahan seperti Blu Ray / DVD, bonus part, atau lainya. Biaya ini bersifat optional. Sehingga action figure dengan seri tertentu dapat dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan yang seri biasa, tentunya dengan tambahan bonus.

figures-ex-03

Itu tadi beberapa alasan yang menyebabkan harga figure sangat mahal. Tetapi walaupun harganya sangat mahal tidak mengurangi daya beli kolektor figure di seluruh dunia. Bahkan setiap tahunnya kolektor figure terus bertambah. Bahkan saat ini perusahaan yang membuat action figure terus bertambah mengikuti pemintaan konsumen atau mengikuti anime yang sedang tayang.


*** Extalia Hobbies ***
Grosir dan Retail Figure, Toys, Gundam, Clothing, Merchandise, etc
► TOKO FISIK: Jalan Sindunegaran no 10 Yogyakarta


===============================
► TESTIMONIAL
http://www.extaliahobbies.com/2015/04/testimonial.html
===============================
► HELP CENTER
● International Order: http://extaliadesign.blogspot.com/p/how-to-buy.html
● Payment : http://www.extaliahobbies.com/2015/05/about-payment-methods.html


#anime #manga #figure #animefigure #figureanime #tokoanime#tokoanimejogja #tokofigurejogja #tokomainanjogja #onepiece #naruto#shf #figma #nendoroid #revoltech #luffy #sasuke #figureshop#actionfigure #marvel #thousandsunny #gundam #modelkit #koleksi#kaosanime #figureanimemurah #figurejogja #vocaloid #dragonball#GratisOngkirTokopedia


"Extalia Hobbies Toko Anime dan Action Figure Terlengkap di Yogyakarta (Jogja), Indonesia" 
"Extalia Hobbies the No.1 Yogyakarta's (Jogja) Anime and Action Figure Shop"
Previous
Next Post »