Mengetahui Tentang Typhoon Hagibis Jepang

Typhoon Hagibis adalah salah satu jenis badai terkuat di dunia. Menurut Japan Meteorological Agency, Hagibis membawa angin dengan kecepatan mencapai 180 km/jam yang bisa menyebabkan banjir dan tanah longsor. Tak hanya itu, Hagibis juga diperkirakan bisa menyebabkan gelombang tinggi di seluruh perairan Jepang.  


Typhoon Hagibis menjadi salah satu topan terkuat yang akan menghantam Jepang sejak Typhoon Ida atau oleh warga Jepang disebut Typhoon Kanogawa menerjang Tokyo pada 1958. Ketika itu, lebih dari 1000 penduduk Jepang meninggal atau hilang.
Ada 4 hal yang membuat topan Hagibis berbahaya, yaitu ukuran, kekuatan, waktu, dan lokasi.

Ukuran :
Hagibis dalam proses pembentukannya menyerap sangat banyak awan dengan kecepatan 54 kilometer per jam. Diameter area berangin dari topan ini mencapai 1,4 ribu km atau setara degan separuh panjang kepulauan Jepang.


Kekuatan :
Pada Kamis (10/10/2019), tekanan pusat Hagibis mencapai 915hPa, menjadikannya topan terkuat selama 2019. Saat berpindah ke ke Kepulauan Mariana Utara, tekanannya berubah menjadi 915hPa dalam waktu 24 jam. Saat mendarat di Kota Saitama, Sabtu (12/10/2019) pukul 13.00 waktu setempat, Hagibis melaju dengan kecepatan 45 kilometer per jam dengan tekanan pusat 965 hPa dan kekuatan angin di sekitarnya mencapai 130 kilometer per jam

Waktu :
Hagibis yang melanda pulau utama Jepang, Pulau Honshu muncul akhir pekan lalu tepat mendekati bulan purnama. Pada saat bulan purnama, tingkat air laut meningkat daripada biasanya. Kombinasi antara gelombang pasang tinggi, ombak besar, dan badai mendatangkan risiko signifikan terhadap banjir saat badai tiba di daratan.

Lokasi :
Hagibis adalah topan besar kedua yang melanda Tokyo dalam waktu dekat ini. Awal September lalu, Topan Faxai baru saja melanda wilayah tersebut. Kekuatannya tercatat 207 kilometer per jam di prefektur Chiba. Tiga orang dalam peristiwa tersebut meninggal, ratusan rumah masih berusaha memulihkan kerusakan, dan Topan Hagibis kembali meratakan sisanya. 
Topan Hagibis dianggap sama kuatnya dnegan topan yang melanda Jepang tahun 1958, yang menyebabkan 1,2 ribu orang meninggal dan menyebabkan kerusakan di Prefektur Tokyo dan Shizouka, sebagaimana diwartakan The Guardian.


Source : Tirto
--------------

● Katalog: http://www.tokopedia.com/extalia
● WEBSITE: http://www.extaliahobbies.com
*** Extalia Hobbies ***
Grosir dan Retail Figure, Toys, Gundam, Clothing, Merchandise, etc
► TOKO FISIK:
Jalan Sindunegaran no 10 (Selatan SD Tarakanita) Bumijo, Jetis, Yogyakarta, Indonesia
=========================
► TESTIMONIAL
http://www.extaliahobbies.com/2015/04/testimonial.html
Previous
Next Post »