MENGENAL "TAKOYAKI" JAJANAN STREET FOOD YANG MENDUNIA !

Siapa sih yang tidak mengenal Takoyaki ?

Image result for takoyaki osaka

Takoyaki sendiri sudah menjadi jajanan wajib yang ada setiap diadakannya event Jejepangan. Bahkan tidak hanya pada saat event, Takoyaki saat ini sudah banyak di jual di Indonesia baik di Mall, pinggir jalan, dan pusat keramaian lainya.
Bahan dasar pembuatan dan cara mengolah yang tidak terlalu rumit membuat jajanan ini cukup menjajikan untuk dijadikan peluang bisnis. Tidak hanya di Indonesia, jajanan ini bahkan sudah menembus pasar luar negeri, seperti Korea, China, daerah Asia lainya, dan masih banyak lagi.

Untuk mengolahnya pun hanya dibutuhkan alat penggorengan yang berbentuk bulat-bulat yang bisa langsung diletakan diatas kompor. 1 porsi Takoyaki biasanya terdiri dari 5 hingga 10 buah takoyaki yang kemudian diatasnya diberi saus khusus, mayones, aonori dan katsuobushi.

Image result for tempat menggoreng takoyaki japan


Tapi tahukah kamu? Takoyaki berasal dari adaptasi makanan dari jaman dahulu. Awal mulanya di jaman Taisho dikenal dengan Choboyaki dengan isian konnyaku yang menjadi awal cikal bakal Takoyaki. Selanjutnya dari choboyaki berkembang menjadi Rajioyaki yang berisikan urat sapi atau bahan daging murah lainya.

Baru pada tahun 1935 kios aizuya mulai mengisikan daging gurita ke dalamnya, sehingga sampai sekarang dikenal dengan nama Takoyaki, yang berasal dari 2 kata, " Tako yang berarti Gurita dan Yaki yang berarti memanggang atau menggoreng.

Karena mendunia Takoyaki bahkan sudah memiliki museum lho. Terletak di Osaka museum Takoyaki tidak jauh dari Universal studio Jepang, lebih tepatnya beralamatkan di Universal City Walk Osaka 4F, 6-2-61 Shimaya, Konohana-ku, Osaka. Di dalam museum ini kalian tidak hanya bisa jajan dan menikmati Takoyaki saja, tetapi kalian bisa mempelajari lebih dalam tentang sejarah dan asal mula Takoyaki tercipta. Di museum ini kalian juga bisa mencicipi 5 Toko Takoyaki terkemuka lho. Nah, setelah perut kalian terisi kalian bisa membeli beberapa merchandise khas museum takoyaki untuk oleh oleh juga.

Image result for museum takoyaki

Jika kamu sedang berkunjung ke Osaka Jepang ada beberapa toko Takoyaki yang wajib kamu datangi. Antara lain :

1. Kougaryu (甲賀流 本店), Shinsaibashi
Restoran populer ini sering ditampilkan di majalah lokal dan acara TV. Tempat ini terletak di daerah Amerikamura Osaka, daerah yang sering dikunjungi oleh kaum muda karena banyak merek kasual dan toko-toko impor. Kougaryu dapat dikatakan sebagai salah satu restoran takoyaki kelas atas Kansai.

2. Wanaka (わなか 千日前本店)
Restoran ini bersaing dengan Restoran Kougaryu, untuk menjadi Restoran Takoyaki no 1 yang populer di daerah ini. Tempat ini terletak di 11-19 Nanbasennichimae Chuo-ku, Osaka.

3. Takoyaki Juuhachiban (たこ焼き十八番 本店), Minamikata
Setiap harinya restoran ini menyuplai gurita segar sebagai bahan baku isi takoyaki dari pasar grosir Chuo. Takoyaki unik ini dibuat dengan udang sakura, jahe, dan tenkasu (bagian renyah sisa dari pembuatan tempura), dan adonan takoyaki restoran ini dibuat dengan mencampurkan tepung dengan susu sapi dan kaldu dashi. Para koki telah menghabiskan lebih dari 10 tahun memperbaiki cita rasa takoyaki mereka dan memasak di atas lembaran tembaga, teknik yang sangat tidak biasa. Bagian luar memiliki tekstur tenkasu yang renyah sementara bagian dalamnya lembut dan lezat.

Source :tsunagujapan.com , wikipedia.org



*** Extalia Hobbies ***
Grosir dan Retail Figure, Toys, Gundam, Clothing, Merchandise, etc


► TOKO FISIK:
Jalan Sindunegaran No.10 Bumijo, Jetis, D.I Yogyakarta, 55231
=========================



















Previous
Next Post »