Festival Fajar Yang Terkenal - Hamaori Matsuri di Chigasaki, Kanagawa !

Di musim panas, anda dapat menikmati berbagai festival, kembang api, makanan festival yang lezat, mengenakan yukata dan pantai di Jepang. Tetapi apakah anda pernah berpikir untuk menggabungkan menikmati pantai dengan festival Jepang?

Jika anda suka bangun pagi untuk melihat matahari terbit sambil duduk di pantai, Hamaori Matsuri sangat cocok untuk anda. Hamaori juga dikenal sebagai festival fajar karena dimulai pada pukul 4.15 pagi di sepanjang pantai Nishihama di Kanagawa. Festival ini jath pada hari yang sama dengan Hari Kelautan, hari dimana bangsa maritim Jepang berdoa untuk merayakan kemakmuran yang berkelanjutan dan karunia airnya. 

Sejarah Festival Hamaori
Legenda mengatakan Festival Hamaori dimulai pada tahun 1839 ketika Mikoshi (Kuil Portabel) Samukawa di Kanagawa hilang di Sungai Banyu. Ini terjadi selama perkelahian antara para penyembah kuil Samukawa dan kuil-kuil lain di daerah tersebut.
Setelah beberapa hari, Goshintai (Obyek pemujaan roh-roh) kuil ditemukan di laut oleh seorang nelayan di Pantai Nango yang terletak di kota Chigasaki. Kemudian itu dikembalikan ke Kuil Samukawa dan sejak saat itu mikoshi kuil mengunjungi pantai setiap tahun. Inilah alasan kenapa kata ‘Hamaori’ dalam Festival Hamaori diyakini berarti “Keturunan dewa Pantai”.


Upacara – 40 Mikoshi
Sekitar 40 Mikoshi berkumpul di Pantai Nishihama yang indah untuk merayakan Festival Hamaori Chigasaki. Ini disebut festival fajar karena upacara yang dimulai sebelum matahari terbit. Festival ini dimulai dengan prosesi mikoshi yang dilakukan oleh penduduk setempat dari daerah Chigasaki dan Samukawa.
Setelah ritual penyucian di pantai, 40 Mikoshi berangkat satu per satu ke laut dengan pengangkut dan orang banyak meneriakkan ‘dokkoi dokkoi’, yang berarti ‘he-ho, hei-ho’ dalam bahasa Jepang. Mereka tampak menari di lautan luas. Di setiap Mikoshi, dewa dari Kuil Shinto di daerah ini diyakini bisa mengendarainya. Ini adalah pemandangan yang bagus untuk dilihat.
Semua Mikoshi memasuki lautan untuk penyucian mereka. Memasuki laut diyakini untuk menyambut ilahi dengan bantuan kekuatan, tenaga dan kekuatan spiritual air.

Upacara penyucian berlangsung antara jam 4 pagi hingga 7 pagi. Upacara ini berakhir sekitar jam 8 pagi. Jika anda ingin melihat Mikoshi memasuki lau sekaligus, dianjurkan untuk ikut serta pada jam 8 pagi paling lambat. Keberangkatan mikoshi disebut ‘Otachi’. Mikoshi mulai mengapung dan bergerak sekaligus.

Pengalaman Suasana yang Tenteram di Festival Hamaori
Lebih dari 100.000 orang datang ke pantai setiap tahun untuk melihat Mikoshi cantik dibawa ke pantai di bawah sinar matahari pagi. Tempat ini dipenuhi orang-orang namun tetap tenang dengan suasana yang indah. Hampir tidak mungkin untuk melarikan diri dari aura positif yang disebarkan oleh upacara yang dipenuhi ketenangan.
Selama Festival, anda mungkin mendengar orang-orang menyanyikan ‘Chigasaki Jinku’. Jinku adalah jenis lagu rakyat Jepang dan setiap komunitas lokal mengembangkan lagu mereka sendiri dengan lirik dan melodi yang unik, menyerahkannya dari satu generasi ke generasi berikutnya.
Chigasaki Jinku dimulai dengan lirik ‘Dibesarkan di Laut Chigasaki, Saya berani seperti ombak yang ganas’. Menyanyikan jinku lokal diyakini memiliki kekauatan magis yang mendorong si pengangkut untuk mencapai tujuan mereka.


Pengalaman Unik di Pagi Hari
Hamaori Matsuri adalah salah satu tempat yang paling hidup di Jepang dengan pantai Chigasaki yang sibuk dengan aktivitas dari pagi hari. Festival ini diadakan untuk mengharapkan panen yang baik dan menunjukkan kedatangan musim panas. Cara dalam membawa Mikoshi berbeda dari kuil ke kuil, yang membuatnya menjadi pengalaman yang lebih unik.
Jika anda berada di sekitar area Kanagawa pada pertengahn Juli, anda tidak boleh melewatkan tontonan ini !

Hamaori Matsuri 2018
Tanggal :  16 Juli 2018
Waktu : 4.00 Pagi sampai 9.15 Pagi
Alamat : Selatan Pantai Chigasaki, Kanagawa, Chigasaki, Nango 253-0061
Situs Resmi : http://www.chigasaki-cci.or.jp/hamaori/index.html

Source : Matcha Japan
--------------
● Katalog: http://www.tokopedia.com/extalia
● WEBSITE: http://www.extaliahobbies.com
*** Extalia Hobbies ***
Grosir dan Retail Figure, Toys, Gundam, Clothing, Merchandise, etc
► TOKO FISIK:
Jalan Godean KM 4,5 (Selatan Pertigaan Banyumili, sebelah toko harvest) Yogyakarta, Indonesia
=========================
► TESTIMONIAL
http://www.extaliahobbies.com/2015/04/testimonial.html
"Extalia Hobbies Toko Anime dan Action Figure Terlengkap di Yogyakarta (Jogja), Indonesia"
"Extalia Hobbies the No.1 Yogyakarta's (Jogja) Anime and Action Figure Shop"
Previous
Next Post »