[K-DRAMA] LIVE UP TO YOUR NAME


Annyeonghaseyo~

Sudah beberapa waktu Extalia tidak beri review untuk K-Drama, dan kali ini Extalia akan beri review untuk drama dari TVN Tahun 2017 lalu, berjudul "Live Up to Your Name" atau "Deserving of the Name".

Live Up to Your Name (Myeongbulheojeon; Deserving of the Name) merupakan drama bergenre medis dan fantasi. Dibintangi oleh aktor Kim Nam Gil dan aktris Kim Ah Joong (pertama lihat di film legendaris, 200 Pounds Beauty). Menceritakan tentang seorang dokter akupuntur terkenal di era Joseon yang terlempar ke 400 tahun yang akan datang dan sampai di Seoul. Dedikasinya sebagai seorang dokterpun diuji. Menurut Extalia, drama ini sangat menarik dan secara keseluruhan plot disusun dengan baik dan diakhiri dengan "nyaman". Ingat drama menyakitkan seperti 'Scarlet Heart' (Lee Joon Gi, IU, Kim Ha Neul, Kang Hanna, Baekyun, dll) serta drama yang membuat fansnya terbagi jadi dua kubu, 'The King in Love' (Im Siwan, Im Yoona, Hong Jong Hyun, dll)?
Drama Live Up to Your Name lebih menghibur dan tiap episodenya terpikirkan dengan baik, kemudian endingnya juga diselesaikan dengan apik. Overall, Extalia akan beri poin 9/10 untuk drama ini.

-------

Live Up to Your Name sendiri menceritakan seorang dokter/ahli akupuntur muda yang sangat berbakat di era Joseon, dr.Heo Im. Saking berbakatnya, pasien yang mengantri sangat banyak. Dia bekerja di sebuah tempat bernama 'Hae Min Soo' yang setiap hari penuh dengan orang yang ingin berobat. Pada zaman itu, diceritakan bahwa orang berbakat seharusnya bisa bekerja untuk istana, tetapi Heo Im sudah 10 tahun di Hae Min Soo dan tetap tidak dapat menjadi tabib istana.


Heo Im sendiri bekerja siang dan malam. Setelah selesai di Hae Min Soo, pada malam hari dia pergi ke rumah para pejabat dan bangsawan untuk melakukan pengobatan. Dari pekerjaannya itu, dia memiliki banyak harta yang dia sembunyikan dan hidup sederhana di sebuah kamar yang sempit. Suatu saat, Raja mengalami sakit dan tidak seorangpun tabib istana yang dapat mengobatinya. Kemudian, salah satu tabib istana, dr.Heo Jun (di Korea saat ini, Heo Jun dikenal sebagai ahli akupuntur Josoen yang legendaris) merekomendasikan Heo Im untuk mengobati Raja. Tentu saja hal ini merupakan kesempatan besar untuk Heo Im sehingga dia dapat masuk ke istana.

Pada hari keberangkatannya, tiba-tiba ada seorang bapak yang menggendong anak perempuannya yang sakit kemudian meminta tolong Heo Im untuk mengobatinya. Raja tidak dapat menunggu, kemuan Heo Im menolak mengobati anak itu. Sebelum pergi, dia berbisik pada anak itu untuk menunggunya sebentar karena ia akan kembali secepatnya dan mengobatinya. Sampai waktu Heo Im duduk di sebelah Raja untuk melakukan akupuntur, tangannya gemetar hebat tanpa sebab dan membuatnya tidak dapat melakukan akupuntur. Karena hal tersebut, Heo Im akan dihukum. Ia melarikan diri dari para tentara kerajaan, tetapi akhirnya tertembak panah dan masuk ke sungai.

Saat tersadar, Heo Im sangat kebingungan. Dia terbangun di sungai yang sama tapi dengan suasana yang berbeda (Heo Im melintasi waktu dan datang ke tahun 2017). Dengan masih berpakaian dokter era Joseon, Heo Im datang ke Seoul.


Di tempat berbeda di Seoul, seorang dokter bedah jantung bernama Choi Yeon Kyung sedang menghadapi pasien remaja yang suka membangkang bernama Oh Ha Ra. Memiliki beberapa masalah, Yeon Kyung pergi ke sebuah klub dan diperjalanan dia tidak sengaja bertabrakan dengan Heo Im. Lalu seseorang ambruk di tengah jalan, dan sebagai dokter, mereka berdua tanggap terhadap hal seperti itu. Heo Im mundur dan Yeon Kyung menangani pasien itu. Heo Im yang sadar bahwa ia terlempar ke dunia 400 tahun yang akan datang memulai petualangannya untuk menyelesaikan misi aneh dalam hidupnya sebagai seorang dokter.


Sejak Heo Im dan Yeon Kyung bertemu, Heo Im terus menerus tertarik dan selalu berada di sekitaran Rumah Sakit Shinhye, di mana Yeon Kyung bekerja. Dia berusaha menceritakan kondisinya pada Yeon Kyung, tapi Yeon Kyung selalu menghindar dan mengusirnya. Sambil berjalan-jalan di Seoul dengan pakaian Joseon, Heo Im yang pada dasarnya cerdas, mulai memahami keadaan. Dia mencoba menerima nasib aneh itu dan mulai berambisi untuk membangun karirnya di dunia tersebut, mengingat dirinya saat ini adalah buronan di Joseon dan tidak akan ada tempat baginya untuk kembali.

Di sebelah Rumah Sakit Shinhye, ada sebuah rumah sakit khusus untuk Pengobatan Tradisional di mana para dokter menangani pasien dengan akupuntur. Mengetahui hal tersebut, Heo Im berusaha sekuat tenaga untuk mendapat pekerjaan di sana.

Sebelum memulai ambisinya itu, dia masih kebingungan mencari tempat tinggal dan kemudian sampailah dia di Hae Min So versi Seoul, di mana merupakan sebuah klinik kecil untuk pengobatan akupuntur milik kakek Yeon Kyung. Karena alasan tertentu, kakek Yeon Kyung membiarkan Heo Im tinggal di rumahnya sambil memaksanya bekerja membersihkan rumah. 


Heo Im terus mengganggu Yeon Kyung karena ingin meminta bantuannya, tapi selalu ditolak. Heo Im juga bertemu dengan Oh Ha Ra dan malah menjadi teman baik. Suatu saat di Emergency Room, Yeon Kyung hampir saja tertusuk sebuah besi panjang, dan Heo Im seketikan lari untuk menyelamatkannya dan hal itu membuatnya tertusuk besi itu.

Mereka berdua pingsan, dan saat terbangun, mereka berada di dekat Hanyang (ibu kota Joseon). Yeon Kyung yang tidak percaya pada apa yang dia alami lalu berteriak histeris.

Singkat cerita, sejak saat itu, Heo Im mengalami banyak hal yang sangat berpengaruh pada hidupnya sebagai seorang dokter, baik di Joseon maupun di Seoul, dan Yeon Kyung menjadi bagian darinya. Baik Heo Im dan Yeon Kyung mengalami berbagai hal sulit, di mana dedikasi mereka sebagai dokter diuji oleh uang, kedudukan, dan perasaan mereka sendiri.


Heo Im dan Yeon Kyung kemudian tidak dapat terpisahkan. Tetapi waktu Heo Im tidak banyak lagi dan dia hampir menyelesaikan misinya. Satu set perlengkapan akupuntur yang membawanya melintasi waktu telah memperlihatkan bahwa misi-misinya satu per satu telah terselesaikan dan membuat Heo Im harus memilih, apakah dia akan berada di Joseon atau tinggal di Seoul. Keadaan di Joseon yang parah karena perang dan membutuhkan dokter seperti Heo Im, membuat Heo Im dan Yeon Kyung harus melepas keegoisan mereka dan memutuskan untuk berpisah.


Nah, bagaimana kelanjutannya dan keseruan petualangan mereka berdua? Apakah takdir membiarkan mereka berpisah selamanya atau malah akan mempertemukan mereka kembali?
Jangan lupa nonton drama, 'Live Up to Your Name'.

---------------

Review

Ini salah satu drama yang RECOMMENDED. Extalia tidak tau kenapa drama ini tidak menerima banyak banyak penghargaan, tapi ratingnya cukup bagus untuk pemutaran di tv kabel.
Dari plot ceritanya, sejak awal sampai akhir disusun dengan begitu bagus. Penonton dibuat penasaran di setiap akhir episodenya, dan dibuat bertanya-tanya akan berbagai hal, kemudian diselesaikan juga dengan sangat baik dan tidak menggantung. Terlebih, cerita yang sejak awal fokus pada bagaimana dedikasi Heo Im dan Yeon Kyung sebagai dokter, tidak disamarkan oleh 'kebiasaan drama korea' dengan adanya cinta segitiga dan lain-lain (hahaha).

Selain itu, para aktor yang terlibat juga berakting dengan baik dan dapat membentuk karakter masing-masing yang khas. Aktor kawakan Kim Nam Gil membuat karakter kuat untuk Heo Im dengan gaya tertawa khas, tingkah, dan kecerdasannya yang selalu berhasil membuat penonton tertawa. Aktris cantik Kim Ah Joong berperan sangat baik dan bisa membawa emosi penonton untuk merasakan juga apa yang dirasakan dari karakter Choi Yeon Kyung.
Selain itu, tiap scenenya dipertontonkan dengan baik dengan efek kamera yang baik pula. 

Kim Nam Gil & Kim Ah Joong di event Promosi Live Up to Your Name

Kim Nam Gil & Kim Ah Joong di event Promosi Live Up to Your Name

event Promosi Live Up to Your Name

Chart karakter Live Up to Your Name

Behind the Scene pada saat Heo Im dan Yeon Kyung di Joseon

Scene saat pertama kali Heo Im melihat Televisi

Foto bersama di Hae Min Soo (Seoul)

Promotional Poster

Previous
Next Post »