Lagi, Seorang Pekerja DI Jepang Ditemukan Tewas Karena Karoshi Setelah Lembur 190 Jam

Badan pengawasan buruh di Jepang telah memutuskan bahwa bunuh diri yang dilakukan seorang pekerja berusia 23 tahun yang menjadi pekerja di stadium Olimpiade baru di Tokyo, disebabkan oleh terlalu banyak bekerja atau karoshi dan keluarganya berhak atas kompensasi dari negara.


Pengacara keluarga korban, Hiroshi Kawahito, menyatakan bahwa korban mencatat jam lembur sebanyak 190 jam dalam waktu sebulan, sebelum ia melakukan bunuh diri pada bulan Maret. Jumlah jam lembur ini berada jauh diatas 80 jam, yang merupakan ambang batas dimana sebuah kematian bisa dikategorikan sebagai karoshi. Korban juga ditemukan pernah melakukan lembuh sebanyak 160 jam pada bulan Januari.

Kematian pekerja yang namanya tidak diumumkan ini, mendapat perhatian besar dari masyarakat pada bulan Juli, saat keluarga korban meminta pemerintah untuk mengkategorikan kematiannya sebagai karoshi. Jenazah korban sendiri ditemukan di pengunungan tengah Jepang pada bulan April, beberapa minggu setelah ia menghilang. Korban ditemukan dengan surat waisat yang menyatakan bahwa ia, "didorong sampai ke ambang batas, baik secara fisik maupun mental."

Saat ini, sektor konstruksi belum termasuk dalam rencana pemerintah Jepang untuk memperketat batasan jam lembur. Di tahun lalu saja, konstruksi adalah salah satu sektor yang paling rawan karoshi di Jepang, dengan jumlah korban mencapai 16 orang yang diakui oleh pemerintah.

Kasus ini merupakan satu dari banyak kasus karoshi di Jepang yang menyedot perhatian publik. Jumat lalu, pengadilan Tokyo membebankan denda sebesar 500 ribu yen kepada perusahaan advertising Jepang, Dentsu atas bunuh diri karyawannya Matsuri Takahashi pada tahun 2015. Jumlah denda yang memang tak seberapa itu, memancing kemarahan banyak orang Jepang yang bersimpati kepada korban dan keluargannya. Minggu lalu juga telah dibahas tentang penyebab tewasnya jurnalis NHK, Miwa Sato, setelah 4 tahun berlalu.

Source : Japanese Station
--------------

*** Extalia Hobbies ***
Grosir dan Retail Figure, Toys, Gundam, Clothing, Merchandise, etc
► TOKO FISIK:
Jalan Godean KM 4,5 (Selatan Pertigaan Banyumili, sebelah toko harvest) Yogyakarta, Indonesia
===============================
► TESTIMONIAL
===============================
► HELP CENTER

#article #japan #culture #lifestyle #news #karoshi #construction #worker

"Extalia Hobbies Toko Anime dan Action Figure Terlengkap di Yogyakarta (Jogja), Indonesia" 
"Extalia Hobbies the No.1 Yogyakarta's (Jogja) Anime and Action Figure Shop"
Previous
Next Post »