Ini Dia 6 Tipe Orang yang akan Kamu Jumpai saat Naik Kereta di Jepang!

pic cre: gettyimages
Naik kereta di Jepang selalu menantang. Dengan banyaknya jalur kereta dan semuanya sangat padat -terutama sebelum dan setelah jam kerja- kamu akan merasa bahwa anggota badanmu serasa akan terlepas. Di sinilah kita bisa merasakan penderitaan pada ikan sarden yang dikalengkan.

Setelah berkali-kali mengalami penderitaan naik kereta di Jepang, seorang penulis dari Inggris mengategorikan orang-orang yang dia temui menjadi 6 kategori:

1. The Sleeping Beauties
Orang-orang ini memiliki daya juang lebih untuk mendapatkan tempat duduk, mereka mau tidur dnegan nyaman, tapi sebetulnya ada juga alasan lain.

Tentu saja merupakan hal tidak biasa melihat orang tidur di kereta. Tapi orang Jepang bahkan ahli tidur sambil berdiri.

'The Sleeping Beauties' biasanya akan mencari kursi dengan semangat. Saat pintu kereta terbuka, mereka pastilangsung memasukkan hp ke tas, lalu menyandarkan kepala mereka ke belakang dan pura-pura tidur jadi mereka tidak harus menawarkan kursi mereka ke orang lain yang lebih membutuhkan. Akan tetapi, the Sleeping Beauties tidak selalu duduk lo, kamu juga bisa menemukan mereka berdiri di tengah kereta, menutup mata dan pura-pura di mana saja kecuali di Yamanote Line jam 8:05 pagi.

pic cre: pinterest

2. The Gandalfs
Orang-orang ini cenderung kaku. Jika kamu beridri di dekat pintu yang akan terbuka, you harus segera keluar dari kereta dan berdiri dulu di sisi samping dulu -bahkan hal ini diumumkan.

Tapi, the Gandalfs akan bertindak berbeda. Mereka tidak akan bergerak sedikitpun atau mereka akan kehilangan tempat nyaman mereka.

3. The Sumimasen-ers
Tidak peduli seberapa penuh kereta, pasti akan ada ruang untuk orang-orang masuk. Jika tidak ikut kereta jam ini, maka semua akan kacau dan terlambat karena harus menunggu kereta menit selanjutnya. Akan tetapi, the Sumimasen-ers melihatnya berbeda.

Orang-orang ini adalah orang yang naik ke kereta, memegangi bagian atas kereta, menghadap ke luar, sambil mendorong paksa tubuh mereka masuk sambil mengatakan, "Sumimasen".

4. The Phone Lookers
Orang-orang ini banyak ditemukan juga di stasiun bahkan di tempat umum. Mereka yang tidak bisa lepas dari pandangan screen hp masing-masing. Mereka tidak terlalu memperdulikan kanan dan kiri.
Kadang ini berbahaya...

5. The Snatchers
Mereka adalah orang-orang yang sigap dan gerak cepat. Tidak peduli ada peraturan untuk mendahulukan orang tua, wanita hamil atau anak-anak, mereka akan mengambil kursi kosong terdekat lebih cepat dari orang yang berdiri lebih dekat dengan kursi kosong itu.
Hati-hati bahwa ternyata tempat dudukmu sudah diincar saat kamu menunjukkan gerak-gerik akan turun dari kereta!

6. The Artful Dodgers
Pernahkan kamu memperhatikan berapa banyak orang yang berlari di stasiun? Entah karena bangun kesiangan atau karena mereka olah raga dulu sebelum duduk di kantor seharian, jangan halangi jalan mereka.

Di Jepang biasa untuk lihat orang berlari di stasiun dengan minuman energi di tangan mereka. Mereka bahkan jogging di dalam kereta untuk memastikan bahwa rute yang mereka ambil adalah yang paling efisien, keluar dari kereta secepat mungkin, lalu meloloskan diri dari keramaian dan berdiri di eskalator!

Next time naik kereta di Jepang, coba perhatikan...
Apa kamu temukan keenam tipe orang di atas
?

sumber: GaijinPot
Previous
Next Post »