Empat Kecantikan Jepang yang Tidak Dimengerti oleh Orang Asing

pic cre: Atlanta Black Star
Standar kecantikan dan tren berbeda dari satu kultur ke kultur yang lain, jadi hal yang mungkin sesuatu dianggap cantik di satu kultur bisa jadi adalah hal yang sangat buruk di kultur yang lain. Di Jepang, ada beberapa hal yang dianggap cantik oleh orang Jepang tapi oleh orang asing hal itu dianggap buruk atau aneh. Bahkan ada yang bertanya, "mengapa kau melakukan itu terhadap dirimu?" ketika seseorang asing melihat sebuah majalah fashion Jepang yang penuh dengan hal-hal "kawaii".

Mata tajam, hidung kecil, rambut hitam lurus - ada banyak hal dari orang Jepang yang disukai oleh orang asing. Tapi, apa yang dianggap cantik oleh kebanyakan orang Jepang kadang malah hal yang berbeda. Biasanya orang lebih tertarik pada apa yang mereka tidak miliki, dan di saat yang sama, orang asing tertarik dengan orang Jepang karena hal itu. tapi di sisi lain, orang Jepang sendiri memilih untuk berdandan seperti orang barat dan tentu saja ini memperbesar industri kecantikan di Jepang.

Ini dia empat hal yang saat ini sedang menjadi fokus bagi perusahaan kosmetik di Jepang untuk memenuhi keinginan para customer:

pic cre: http://www.tatcha.com/blog/category/geisha

1. Skin Whitening (Pemutih Kulit)
JIka kamu pergi ke toko kosmetik di Jepang, kamu akan menemukan banyak lotion yang menawarkan keunggulan untuk memutihkan kulit.
Ketika di Amerika dan Eropa, pemutih adalah produk yang tidak laku, dan orang lebih menyukai kulit gelap karena terlihat lebih eksotis, akhirnya orang suka berjemur dan melakukan banyak kegiatan outdoor. Akhirnya produk yang dicari adalah lotion sunblock untuk melindungi kulit mereka dari paparan langsung sinar matahari yang merusak.
Di sisi lain, kulit putih masih merupakan favorit bagi orang Jepang, walaupun di tahun 90an, kulit gelap populer karena ganguro girls dan masih cukup populer di kalangan 'gal' fashion.
pic cre: https://38.media.tumblr.com/051e19dd7f9ee9eae6e910b5e7ace2b0/tumblr_mzzaov3TxC1so7edzo1_1280.jpg
2. Snaggleteeth
Khususnya di Amerika, gigi rapi dan putih adalah keharusan. Banyak orang menghabiskan banyak uang mereka untuk meluruskan dan merapikan gigi mereka.
Tapi berbeda di Jepang, sebutuan untuk 'yaeba' di mana gigi yang tidak rapi, gigi kelinci, taring menjadi hal yang spesial dan digemari. Bahkan dokter gigi menawarkan fasilitas untuk membuat gigi tampak tak rapi. Ketika gigi bertaring di Amerika dianggap seperti vampir, di Jepang dianggap hal yang "kawaii".

pic cre: http://www.eyelidtapes.com/wp-content/uploads/applying-eyelid-tape.jpg
3. Double Eyelids
Banyak orang barat yang menganggap bentuk mata orang asia unik dan cantik. Akan tetapi, beberapa wanita Jepang akan membuat mata mereka miliki double eyelids menggunakan selotip khusus. Tentu saja ini sangat tidak nyaman.

pic cre: http://tokyogirlsupdate.com/eye-bag-make-up-20131010938.html
 4. Make up Kantong Mata
Banyak orang Jepang yang kurang puas karena wajahnya yang terkesan 'flat' sedangkan orang asing biasanya lebih menyukai wajah orang Jepang karena menganggap wajah mereka terlalu tiga dimensional (kayaknya sebenarnya semua wajah 3D, mungkin anggapnya kayak wajah anime ya, flat?).
Banyak dari kita menganggap bahwa mata panda atau mata yang berkantung membuat kita terlihat tidak cantik dan lelah, tapi, banyak perempuan di Jepang membuat make up untuk menambahkan kantung mata sehingga wajah mereka tidak terlihat flat.

Jadi, bagaimana menurutmu?

Source: Naver Matome
Previous
Next Post »