[ARTICLE] 10 HAL YANG TIDAK TIDAK KAMU KETAHUI TENTANG SHINJUKU


Shinjuku merupakan daerah yang sangat sibuk. Dari volume pejalan kaki yang sibuk dan cepat, menuju ke stasiun kereta yang padat dan memusingkan, bangunan-bangunan pencakar langit yang sangat tinggi dan banyaknya restoran yang siap memanjakan perut para penduduk di sana, inilah dia 10 hal yang tidak kamu ketahui tentang "Tokyo's neon city-within-a-city".

1. SHINJUKU MEMILIKI STASIUN KERETA TERSIBUK DI DUNIA
Menurut Guiness Book of Worlds Records, stasiun shinjuku didapuk sebagai 'stasiun kereta tersibuk di dunia', di mana 3,4 juta penumpang dilayani oleh 6 perusahaan kereta berbeda yang mengoperasikan 12 jalur. Semua orang membutuhkan jalan masuk dan keluar, oleh karena itu terdapat 200 jalan masuk dan keluar di stasiun ini. Tidak berhenti sampai di situ, jika kita menggabungkan semua stasiun di Shinjuku (termasuk Takadanobaba, Yotsuya, Iidabashi, dan Ichigaya), jumlah penumpang bisa mencapai 5,2 juta orang!

2. APA, DI MANA, MENGAPA, DAN BERAPA?

Jika kamu seorang turis dan mencari sesuatu yang baru untuk dikunjungi atau dilihat, satu tempat yang kamu harus kunjungi: SHINJUKU TOURIST INFORMATION CENTER. Merupakan sebuah one-stop-shop untuk memabantumu merancang aktivitasmu selama berkunjung ke Shinjuku. Information Center ini berlokasi di bawah jalan utama yang menghubungkan sisi barat dan timur stasiun Shinjuku, lalu turun tangga dan tempatnya berada diluar JR South East Exit. Di sini kamu akan temukan semua yang kamu butuhkan untuk mendapat jadwal perjalanan yang efisien. Buku panduan dan brosur untuk destinasi-destinasi populer, penukaran uang asing, dan loker untuk menyimpan barang, semua terdapat di sini.

3. MANY PEOPLE MOVERS ON THE MOVE

Kamu mau pergi ski? Naik bus dari Shinjuku. Kamu mau belanja di Mall? Naik bus dari Shinjuku. Kamu mau ke Gunung Fuji? Naik bus dari Shinjuku.
Pada dasarnya, kamu dapat pergi kemanapun di Jepang, dari Shinjuku. Di terminal Bus Express Shinjuku, kamu bisa menemukan lebih dari 1.600 bus yang mengantri datang dan pergi dari 39 perfektur di Jepang (dari total 47 perfektur). Lalu, apakah semua bus ada penumpangnya? Jawabannya adalah IYA, hampir 40Ribu penumpang menggunakan bus-bus tersebut setiap hari dan hampir 120 perusahaan bus beroperasi di terminal ultra-modern ini (dikenal sebagai Basuta Shinjuku dalam bahasa Jepang) dan pada April 2017 ini akan merayakan ulang tahun pertamanya. Selain itu, dari terminal yang sama, kamu dapat naik WE bus yang akan membawamu ke Shinjuku Gyoen hanya dengan 100 yen! atau hanya membawamu secara gratis dari pintu timur ke pintu barat stasiun ini. Selain itu, semua bis dan stasiun juga dilengkapi dengan akses internet WiFi gratis!

4. THE MOST RESTAURANTS IN TOKYO

Dengan banyaknya orang yang beraktivitas di Shinjuku, tentu saja mereka semua akan punya perut yang lapar setelah melakukan segala aktivitas. Untuk membantu mereka, Shinjuku menawarkan tempat makan ternyatak di Tokyo, yaitu 5.795 restoran. Di Shinjuku ini juga terdapat 18 restoran yang memiliki bintang Michelin! Shinjuku Nakajima juga dikenal sebagai restoran berbintang Michelin yang paling murah di dunia. Jika kamu datang di saat yang tepat, kami tidak perlu mengantri terlalu lama (di mana biasanya antriannya dari lantai atas sampai basement dan keluar ke jalan). Di restoran ini, kamu bisa menikmati set makan siang hanya dengan 800 yen! Banyak pengunjung di Tokyo juga tidak menyadari bahwa Shinjuku City sampai ke Iidabashi, adalah tempat di mana kamu bisa menemukan "the trendy and the very Japanese" Kagurazaka neighborhood. Di Lugdunum Bouchon Lyonnais, kami bisa menikmati makan siang ala Perancis dengan membayar 1.850 yen!

5. PUNYA KOLEKSI GEDUNG PENCAKAR LANGIT TERBANYAK

Hanya disebelah barat stasiun Shinjuku, kita dapat melihat banyak sekali gedung-gedung pencakar langit di Tokyo. Di "Skyscraper Disctrict", pengujung dapat melihat lebih dari dua lusin bangunan tertunggi di Tokyo termasuk menara kembar Metropolitan Government Office (ketinggian 202 meter dengan 45 lantai) yang memiliki observation deck yang dibuka untuk umum. Juga terdapat beberapa hotel premier seperti Hilton, Hyatt Regency, Keio Plaza, dan Park Hyatt. Bagi yang ini tetap menapakkan kaki di tanah, Shinjuku NS building memiliki jam pendulum terbesar di dunia yang terpasang di lantai dasarnya. Selain  karya da sebuah gedung sekolah desain dengan konsep kepompong.

6. SHOPPERS MENGHABISKAN LEBIH DARI 10 MILYAR US DOLLAR TIAP TAHUN

Hampir 5 juta orang melewati Shinjuku, makan dan belanja. Faktanya, dalam setahun, perputaran uang dari bisnis di Shinjuku mencapai lebih dari 1,1 triliun yen atau sekitar 10 milyar dollar amerika, sama saja sekiyar 28 juta dollar sehari atau 280.000.000.000 rupiah.......SEHARI!
Salah satu tantangan terbesar yang akan ditemui di stasiun Shinjuku adalah di mana stasiunnya berakhir, disitulah kotanya bermula. Tidak perlu khawatir, kamu akan merasakan kenyamanan ketika menemukan jalan yang saling terkoneksi antar area perbelanjaan Metro Promenade dan Subnade, yang menghubungkan stasiun Shinjuku dan stasiun Shinjuku Sanchome.Kamu juga akan menemukan jajaran tidak berujung dari berbagai butik dan otlet seperti Bic Camera, semua dengan akses yang mudah dijangkau dari akses bawah tanah sehingga cuaca apapun tidak akan menjadi halanganmu untuk belanja!

7. 10% DARI PENDUDUK DI SHINJUKU DATANG DARI LUAR JEPANG


Shinjuku merupakan bagian paling internasional di Tokyo dengan lebih dari 10 persen dari 328.000 penduduk di sana merupakan orang dari luar Jepang. Hampir 35ribu penduduk non Jepang di Shinjuku berasal dari 10 negara ini: China, Korea dan Vietnam. Dan angka ini cukup drastis melihat pada tahun 1980 hanya ada 5000 orang penduduk non Jepang. Sekarang, kamu bisa menemukan 5 kali lipat lebih banyak penduduk non Jepang dengan angka mendekati 25ribu orang dari China dan Korea. Shinjuku juga mengklaim bahwa kota ini memiliki penduduk dari Perancis dan Nepali terbanyak di seluruh wilayah Jepang. Jika kita mengkomparasi area lain di perfektur Tokyo, Shinjuku memiliki tiga kali lipat lebih tinggi untuk kepadatan penduduknya, yaitu 18.000 penduduk per meter persegi sedangkan rata-rata kepadatan penduduk di Tokyo adalah 6.000 penduduk per meter persegi.

8. GODZILLA, KING OF MONSTERS

"Japan Loves Godzilla" dan Shinjuku juga. Faktanya, hotel Gracery memiliki satu-satunya patung Godzilla resmi dan diletakkan di lantai teratas. Mereka bahkan menawarkan dua style ruangan yang berbeda dan keduanya bertemakan kaiju (monster): the Godzilla View Room yang memiliki sebuah jendela dengan level yang sama dengan ukuran sebenarnya kepala Godzilla dan Ruang Godzilla akan membawamu ke dalam dunia Godzilla! Sebelumnya, area ini merupakan area terkenal untuk Koma Teather bersejarah yang menampilkan konser terkenal penyanyi-penyanyi Enka (Musik Style Ballad tradisional Jepang). Akan tetapi, saat ini dikenal dengan Godzilla Road and jika kamu mengunjungi patung ini, bersiaplah untuk mendengat auman menggemparkan dari si Godzilla! Godzilla juga telah ditunjuk sebagai duta tourism kota Shinjuku, dan memiliki tanggung jawab untuk menyebarluaskan keunikan Shinjuku ke seluruh dunia!
9. TOMATO RAMEN

Salah satu chain-link restaurant di Jepang yang memiliki menu unik, Tomato Ramen, juga membuka salah satu outletnya di Nishi Shinjuku. Taiyou no Tomatomen~
Lokasinya di sini 1-1-3 Nishishinjuku | Odakyo Shinjuku Mylord 7F, Shinjuku 160-0023, Tokyo Prefecture.
Mereka memilki ramuan ramen berbasis tomat dan basil. Rasanya unik dan enak. Salah satu tempat yang kami rekomenadasikan.

10. MULTIPLE CONNECTION POINTS
Dengan banyaknya hal yang dilihat dan didengar, kereta-kereta dan bis-bis, jam raksasa sampai kepala monster, kamu mungkin perlu membuat rencana untuk perjalananmu selama di Shinjuku dan kamu akan butuh internet, atau upload gamabr-gambar viralmu ke facebook dsb. Untuk memudahkan pengunjung, kota Shinjuku telah memasang titik-titik hotspot Wi-Fi lebih di 20 lokasi di seluruh Shinjuku. Cukup temukan stiker Shinjuku Free Wi-Fi untuk memanfaatkan fasilitas satu ini. Mudah dan cepat untuk registrasinya dan bisa digunakan selama satu tahun penuh! Fasilitas ini juga mendukung untuk konseksi via aplikasi NTT Japan Connected Free Wi-Fi. Dengan fasilitas ini terinstal di smartphonemu, kami tidak perlu melakukan registrasi ulang.

Cara terkoneksi dengan Shinjuku City Free Wi-Fi service, cukup lakukan ini:
1. Buka web browser dan tap "Connect to the Internet"
2. Daftarkan dirimu sesuai yang diminta
3. Klik setuju
4. TARA~!!! Sudah terkoneksi dengan Shinjuku City Free Wi-Fi~!!!
 
Kalau ke Jepang, jangan lupa ke Shinjuku ya~!!!
Source:
  • https://blog.gaijinpot.com/10-things-you-didnt-know-about-shinjuku/
  • Shinjuku Station 
  • TripAdvisor
Previous
Next Post »