[Article] Mangaka Jiro Taniguchi Meninggal Dunia di Usia 69 Tahun

Jiro Taniguchi, pembuat manga Botchan no Jidai dan Kodoku no Gourment, meninggal dunia pada hari Sabtu pada usia 69 tahun. Keluarganya berencana untuk mengadakan pemakaman pribadi di kediaman-nya.

Taniguchi lahir di Tottori City, Jepang pada tahun 1947. Setelah bekerja di sebuah grosir pakaian di Kyoto, ia pindah ke Tokyo untuk menggapai impiannya sebagai mangaka. Pada usia 24 tahun ia memulai debutnya dengan manga Kareta Heya dan terkenal dengan ciri khas gambarnya yang menggunakan teknik line art dan shading tanpa tinta. Manga tersebut menceritakan kehidupan sehari-hari orang dewasa dan memiliki genre seinen.

Taniguchi lalu bekerjasama dengan penulis, Natsuo Sekikawa untuk membuat Botchan no Jidai dan meraih Tezuka Award dan Japan Excellent Award. Taniguchi juga bekerjasama dengan Masayuki Kusumi untuk membuat manga Kodoku no Gourment dan mendapatkan adaptasi live-action yang populer hingga musim keenam bulan lalu.

Di luar negeri, Taniguchi juga mendapatkan nominasi Ignatz Award & Eisner Award dari tahun 2007 hingga 2010. Ia juga mendapatkan gelar ksatria dari Ordre des Arts et des Letteres oleh pemerintah Prancis di tahun 2011. 

Karya lain Taniguchi diantaranya Guardian of the Louvre, Kamigami no Ittadaki, Harukana Machi e, The Walking Man, A Zoo in Winter, The Ice Wanderer, The Quest for the Missing Girl, Samuari Legend, Hotel Harbour View dan Benkei in the New York.

Source : ANN

#article #japan #mangaka #artist #jiro #taniguchi
Previous
Next Post »